July 29, 2021 By aoldesktopgold.net 0

Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi

Selain rutin memeriksakan kandungan, calon juga harus menjaga kesehatannya, salah satunya memenuhi asupan gizi harian, baik dengan mengonsumsi makanan sehat atau vitamin seperti Blackmores. Hal ini karena kondisi mengandung sangat berbeda dibandingkan kondisi biasa. Oleh karena itu, gizi yang diperlukan jauh lebih banyak. Produk ini bisa didapatkan di berbagai tempat jual Blackmores seperti Orami. Lalu, apa saja kebutuhan gizi para ibu hamil tersebut?

Nutrisi yang Penting untuk Calon Ibu

  1. Lemak

Banyak orang menganggap lemak buruk bagi tubuh. Akan tetapi, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Justru lemak termasuk salah satu yang dibutuhkan oleh calon ibu. Lemak sangat penting kaitannya dengan proses tumbuh kembang janin, khususnya di trimester awal kehamilan. Selain itu, lemak juga berfungsi menjaga kondisi plasenta tetap baik selama kehamilan.

  1. Serat

Nutrisi berikutnya adalah serat. Serat berfungsi mengendalikan kadar gula darah sehingga meminimalkan risiko diabetes. Tak hanya itu, konsumsi serat dapat mempertahankan berat badan dengan cara membuat perut merasa kenyang lebih lama. Sistem pencernaan ibu juga akan menjadi lebih sehat ketika kebutuhan ini terpenuhi.

  1. Zat besi

Zat besi memiliki peran cukup penting pada kehamilan, yakni menambah pasokan darah. Pada prinsipnya, zat besi ini berfungsi dalam produksi sel-sel darah merah. Sementara itu, saat mengandung, tubuh ibu memerlukan pasokan darah dua kali lebih banyak dibandingkan kondisi biasa. Oleh karena itu, nutrisi ini sangat penting untuk dipenuhi.

  1. Protein

Protein bermanfaat untuk memperbaiki sel, otot, atau jaringan yang rusak. Selain itu, nutrisi ini juga penting dalam proses meningkatkan suplai darah ke tubuh. Beberapa makanan dengan kandungan kaya protein antara lain daging ayam, daging sapi, telur, ikan, susu, serta biji-bijian. Setidaknya setiap hari ibu hamil harus mengonsumsi protein sekitar 60-90 gram.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat erat kaitannya dengan suplai energi pada tubuh. Zat ini akan diubah menjadi glukosa setelah dicerna di perut. Fungsi utamanya adalah memperlancar metabolisme tubuh serta mencegah calon ibu mudah lelah. Untuk memenuhinya, konsumsi kentang, roti gandum, atau nasi merah. Dalam satu hari usahakan mengonsumsi sekitar 365 gram.

  1. Kalsium

Selanjutnya, kalsium juga tak kalah penting dari nutrisi lainnya. Zat ini berfungsi untuk mendukung pertumbuhan gigi dan tulang janin. Normalnya, janin mengambil kebutuhan zat ini dari tubuh ibu. Apabila cadangan kalsium kurang mencukupi, anak akan berisiko terkena osteoporosis lebih besar.

Sebenarnya masih banyak nutrisi yang diperlukan oleh calon ibu seperti kolin, vitamin D, vitamin C, yodium, dan lain-lain. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi suplemen vitamin tambahan seperti Blackmores. Blackmores dapat dibeli di Orami. Selain vitamin, Anda juga bisa belanja perlengkapan bayi supaya persiapan kelahiran menjadi lebih matang.